Depot Es Semanggi Magelang yang Melegenda

Depot Es Semanggi Magelang

Salah satu kota di Jawa Tengah yang menggelembungkan saya karena kelezatan kulinernya adalah kota Magelang. Meskipun kota ini kecil dan tidak sepopuler turis di Jogja, Magelang memiliki beragam kuliner yang tidak kalah beragam dan legendaris. Sebut saja mie Jawa, nasi goreng Magelang, atau kupat. Tapi, selain mencari makanan berat, jangan lupa mencari tempat bersantai sambil ngemil. Nah, berikut adalah tips untuk nongkrong sambil menyeruput hidangan es legendaris di Magelang, Waduk Es Semanggi.

Seberapa menarik tempat sampah es batu ini?

Dapat dikatakan bahwa lokasi toko es Semanggi cukup tersembunyi karena kita harus pergi ke ruang bawah tanah tempat parkir pusat perbelanjaan Matahari di depan Lapangan Magelang. Tanyakan petugas parkir di mana Es Semanggi berada. Kemudian kami akan direkomendasikan untuk parkir bawah tanah dan penyimpanan ada di sudut. Tetap saja, jangan berprasangka dulu. Meskipun berada di sudut ruang bawah tanah dan terlihat gelap, tempat ini selalu penuh dengan pengunjung Travelovers!

Selain lokasinya yang unik, Semanggi Ice Tank juga memiliki sejarah yang menarik karena sudah ada sejak tahun 1960-an dengan kereta di sudut alun-alun, tepat di depan Candi Magelang. Selama bertahun-tahun telah disimpan di daerah di depan Kuil Magelang, seiring berjalannya waktu, toko ini memiliki tempat sendiri dan masih legendaris hingga saat ini. Tidak aneh jika tempat ini selalu penuh karena rasa esnya tetap otentik sejak awal hingga sekarang.

Hal khusus tentang Depot Semanggi adalah deretan sirup di dinding. Ada yang berwarna coklat, hijau, pink dan putih. Ternyata sirup ini buatan sendiri dan akhirnya menjadi resep turun temurun keluarga. Hingga saat ini, setoran telah dikelola oleh generasi ketiga. Berbagai menu atau makanan olahan juga dibuat dari sirup ini. Ada menu es dengan campuran santan segar, pita es dengan sirup hijau atau merah muda, es serut, es basah, dan es roti. Semuanya dapat dikombinasikan dengan sirup yang tersedia, sehingga menu di sini sangat bervariasi karena kita dapat memilih konten dan sirup sesuka hati. Salah satu pemilik mengatakan bahwa favorit pelanggan adalah es cokelat. Selain bisa menikmati es segar di sini, Travelovers juga dapat menikmati makanan ringan goreng atau makanan ringan yang berjejer di meja depan. Jika Travelovers kelaparan, ada menu nasi kucing dan mie yang bisa dinikmati bersama dengan makanan goreng.

Beberapa kali mengunjungi toko ini dan mencoba berbagai menu, saya jatuh cinta dengan es cokelat. Sangat keren untuk makan di siang hari bolong! Juga, sirup cokelat asli adalah sirup cokelat jadul. Selain itu, topping lain seperti roti dan dawet juga baik jika dicampur dengan sirup cokelat Semanggi Depot yang khas ini.

Selain penawaran menu yang beragam dan khas, harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat. Harga berbagai es mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 8.000. Sedangkan untuk makanan ringan, rata-rata adalah Rp. 2.000. Sangat murah bukan?

Klien-klien toko ini terus berdatangan dan, tentu saja, dengan beragam latar belakang, mulai dari anak muda hingga keluarga. Para pengunjung yang saya temui beberapa kali didominasi oleh orang-orang muda yang asyik nongkrong sambil menikmati presentasi baru Es Semanggi ini. Tetapi jika para pelancong ingin berkunjung, waktu terbaik adalah 11: 00-13: 00. Karena jika terlalu sore, banyak menu dan makanan ringan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *