Tips Merancang Strategi Bisnis Online di Bidang Jasa Desain

Tips Merancang Strategi Bisnis Online di Bidang Jasa Desain

Semua bentuk penyampaian informasi, terutama yang berkaitan dengan promosi media online, memerlukan tampilan visual yang dapat memberikan gambar, mengeksplorasi imajinasi, memicu emosi dan, tentu saja, menarik minat pembaca. Ini membuka ruang besar bagi pekerja desain grafis untuk menjual layanan mereka sebagai pelaksana di berbagai media online, baik yang terkait dengan fotografi, gambar, logo, atau produk merek.

Peluang bisnis desain grafis cukup menjanjikan, tetapi persaingannya tidak kalah ketat. Berbekal seperangkat komputer / laptop, perangkat lunak desain, dan jaringan internet, Anda dapat memulai bisnis desain grafis online. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merancang strategi bisnis online di bidang layanan desain.

Buat halaman web

Untuk menyajikan layanan Anda, buka halaman web. Anda dapat memanfaatkan blog gratis jika modal Anda terbatas, tetapi akan lebih baik jika situs web membuat domain sendiri, jadi sepertinya lebih asli. Buat tampilan yang elegan dan informatif sehingga Anda dapat mewakili keterampilan Anda sebagai seniman digital.

Buat yang butuh web dengan tampilan profesional, dapat menggunakan jasa pembuatan website pekanbaru di Website Riau, dikerjakan secara profesional.

Siapkan portofolio

Sebagai seorang desainer, Anda tentu harus memiliki konsep kreatif dan brilian. Portofolio adalah hal-hal penting yang dapat digunakan sebagai aset untuk menunjukkan kualitas, kualifikasi, dan keseriusan di bidang Anda.

Selain portofolio, Anda juga dapat menyiapkan konsep desain dalam kemasan siap pakai. Jadi jika ada klien yang membutuhkan layanan Anda dengan cepat, yang harus Anda lakukan adalah mengubah konten, judul, dan materi tambahan lainnya yang diperlukan.

Terapkan trik pemasaran online

Bisnis online harus memaksimalkan berbagai fasilitas pemasaran online yang ada, baik gratis maupun berbayar. Manfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk menunjukkan dan meningkatkan bisnis Anda. Anda dapat mengoptimalkan situs web atau blog Anda, plus Anda juga dapat memanfaatkan berbagai platform pemasaran seperti:

Baca juga : Sewa Jas Pekanbaru

Aplikasi pemasaran online

Daftarkan perusahaan Anda di Google Places, fitur iklan berbasis lokasi yang disediakan oleh Google sehingga perusahaan Anda dapat muncul di daftar pencarian utama. Ada juga Google Adsense, yang merupakan pemasaran mesin pencari (Sarch Engine Marketing), yang memungkinkan bisnis Anda muncul di situs yang tertanam di jaringan Google dalam berbagai bentuk teks, gambar, flash, atau video.

Media sosial

Anda dapat menggunakan berbagai saluran media sosial, dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest hingga YouTube. Buat akun khusus dan buat forum desain yang tidak hanya dapat digunakan untuk menyajikan layanan Anda, tetapi juga untuk mendidik dan menginspirasi orang lain dengan apa yang Anda lakukan. Konsep soft selling seperti ini adalah bentuk pemasaran yang murah dan efektif, dan dapat meningkatkan merek bisnis Anda.

Email

Ketika pesanan mulai tiba, Anda akan membutuhkan email untuk mengirim pekerjaan kepada pelanggan. Email memiliki fleksibilitas besar dalam hal menerima ekstensi gambar karena klien dapat meminta format file datar seperti CDR, PSD, PDF, AI dll., Dan ini tidak dapat dilakukan dengan cara lain suka jejaring sosial atau sejenisnya.

Menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang terkait dengan bidangnya.

Perusahaan periklanan atau pengembang web memiliki hubungan yang tinggi dengan desain grafis. Anda dapat menjembatani kesenjangan ini dengan menawarkan layanan desain untuk memenuhi kebutuhan bahan visual yang mendukung pekerjaan Anda.

Seimbangkan dengan pemasaran offline

Tidak hanya fokus pada pemasaran online, tetapi juga mengembangkan bisnis Anda secara offline. Bangun hubungan dengan banyak pihak, hadiri acara atau lokakarya yang terkait dengan bidang Anda. Hal-hal ini dapat membuka jalan bagi Anda untuk menemukan calon pelanggan potensial.

Anda juga dapat bergabung dengan komunitas desain grafis yang ada. Mungkin juga orang-orang di komunitas memiliki banyak proyek dan Anda memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam administrasi salah satu proyek yang sedang mereka kerjakan.

Jadi, sedikit pembahasan tentang strategi bisnis online di bidang desain. Ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *